Berangkat!

Waktu yang dinanti-nanti akhirnya tiba! Waktu di mana aku tak perlu lagi bergelut dengan kemacetan dan berbagai kegilaan Jakarta. Tak terasa sudah 8 tahun sejak beranjak dari Bandung dan diam di Jakarta. Padahal salah satu cita-cita aku adalah untuk mengelilingi Nusantara dan dunia. Cukup sudah. Kini saatnya aku berangkat meninggalkan kota Jakarta. Sampai jumpa lagi!

Aku mempersiapkan perjalanan jangka panjang ini sejak tahun lalu. Ada banyak hal yang mesti disiapkan. Salah satu syarat untuk perjalanan jangka panjang adalah dengan pola hidup minimalis. Artinya ada banyak hal yang harus disingkirkan atau diganti.

Aku memutuskan untuk beranjak untuk mengembangkan diri, mengenali siapa diriku sebenarnya. Hei, disadari atau tidak, tak semua orang mengenali dirinya dengan baik. Ada satu hal yang aku pelajari bahwa diri seseorang banyak dibentuk oleh perilaku lingkungannya dan masa kecilnya. Padahal bentukan ini belum tentu sesuai dengan jati diri yang sesungguhnya. Bepergian ke tempat yang baru, bertemu orang-orang baru, dan beradaptasi dengan lingkungan yang baru akan memutus pengaruh dari lingkungan yang lama sehingga kita bisa benar-benar membedakan karakteristik yang sesungguhnya ada dalam diri dan yang terbawa oleh pengaruh dari luar. Pernahkah kamu merasakan kepribadianmu seperti berbeda jika sedang bersama teman-teman akrab, ketika sedang di rumah, ketika saat kuliah, dengan ketika saat kerja? Di satu tempat atau masa kamu sepertinya tertutup dan pendiam. Di tempat atau masa yang lain kamu supel dan terbuka. Manakah kepribadian yang asli?

Teman-teman yang tahu aku berencana meninggalkan Jakarta menanyakan ke mana aku akan berlabuh. Ada beberapa tempat yang aku rencanakan. Singkat cerita aku berlabuh di Kuala Lumpur.

Sampai jumpa!