Perpanjangan SIM di Polres Cimahi

Lima tahun sejak terakhir kali aku membuat SIM, kini adalah waktunya untuk memperpanjang masa berlaku SIM! Aku memperpanjang SIM A dan C di Polres Cimahi. Prosedur perpanjangan SIM di Polres Cimahi transparan dan tanpa pungli.

Menurut poster yang dipajang, proses pengurusan perpanjangan SIM memakan waktu 15 menit. Benar saja, prosesnya 15 menit, kalau tanpa menghitung lamanya antri. Kalau ditambah waktu menunggu antrian, total waktu yang aku habiskan kira-kira satu setengah jam. Padahal aku tiba di lokasi pukul delapan lewat beberapa belas menit. Karena itu, datanglah sepagi mungkin sebelum layanan pengurusan SIM di Satlantas Polres Cimahi dibuka pada pukul 8:00.

Pemeriksaan kesehatan

Sebelum mendaftar, hal yang harus disiapkan adalah uang tunai 185.000 rupiah, map biru, pulpen hitam, fotokopi KTP, dan surat keterangan kesehatan. Untuk keterangan kesehatan, pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan langsung di Polres. Di Polres Cimahi, tempat pemeriksaan kesehatan terletak kira-kira 200 meter dari Polres. Berjalanlah ke pintu belakang di samping masjid, menyusuri jalan setapak ke arah kanan. Tempat pemeriksaan ada di samping Salon Haris. Biaya pemeriksaannya 30.000 rupiah. Untuk tinggi dan berat badan perlu diukur sendiri sebelum berangkat karena untuk dua keterangan ini diisi sendiri.

Berkas sampai saat ini:

  • Map biru, fotokopi KTP, surat keterangan kesehatan.

Pendaftaran perpanjangan SIM

Bangunan Satlantas cukup kecil sehingga mereka melokasikan loket pendaftaran di tenda depan pintu masuk Satlantas. Bawa seluruh berkas ke loket pendaftaran. Petugas akan menanyakan maksud pendaftaran, apakah untuk membuat SIM baru, memperpanjang, mutasi, dan sebagainya. Katakanlah ingin memperpanjang SIM. SIM A dan C bisa diperpanjang keduanya sekaligus dalam satu berkas, menghemat waktu untuk antri. Petugas akan meminta kita menyerahkan SIM asli yang lama dan KTP asli. Tunggu sampai dipanggil kembali oleh petugas.

Berkas sampai saat ini:

  • Map biru, fotokopi KTP, surat keterangan kesehatan,
  • SIM A dan C asli, KTP asli.

Mengisi formulir

Petugas pendaftaran akan memeriksa kelengkapan berkas. Setelah lengkap petugas akan menyisipkan formulir pendaftaran yang harus kita isi, blanko formulir hasil ujian yang akan diisi petugas, lalu menyerahkan kembali seluruh berkas kepada kita. Jika memperpanjang SIM A dan C sekaligus, maka formulir pendaftaran harus diisi dua kali, satu untuk masing-masing SIM.

Berkas sampai saat ini:

  • Map biru, fotokopi KTP, surat keterangan kesehatan,
  • SIM A dan C asli, KTP asli,
  • formulir pendaftaran SIM A dan SIM C, blanko formulir hasil ujian.

Pembayaran biaya administrasi

Setelah formulir diisi, biaya administrasi perlu dilunasi terlebih dahulu sebelum diproses. Semua pembayaran dilakukan hanya di loket Bank BRI yang terdapat di dalam Satlantas. Biaya yang harus dikeluarkan terpampang di papan pengumuman dan sudah tercetak di resi, sehingga kita tidak perlu khawatir akan pungli.

Golongan SIM Baru Perpanjangan
SIM A Perseorangan / Umum 120.000 80.000
SIM B.I Perseorangan / Umum 120.000 80.000
SIM B.II Perseorangan / Umum 120.000 80.000
SIM C 100.000 75.000

Serahkan berkas ke loket Bank BRI lalu kembali menunggu antrian sampai dipanggil untuk membayar. Total biaya yang dikeluarkan untuk perpanjangan SIM A dan C adalah 155.000 rupiah.

Berkas sampai saat ini:

  • Map biru, fotokopi KTP, surat keterangan kesehatan,
  • SIM A dan C asli, KTP asli,
  • formulir pendaftaran SIM A dan SIM C, blanko formulir hasil ujian,
  • resi bukti pembayaran lembar 2 (lembar 1 untuk arsip pribadi).

Proses perpanjangan

Seluruh berkas dibawa ke loket perpanjangan SIM di Loket 1. Selanjutnya kita tinggal duduk manis, baca buku, main HP, memperhatikan orang mondar-mandir, sampai nama kita dipanggil di Loket 6.

Setelah nama dipanggil, petugas Loket 6 akan menyerahkan kembali berkas kita yang sudah diproses dan memberikan nomor antrian untuk difoto. Berdiri sejenak, ambil berkas, lalu duduk lagi menunggu nomor antrian.

Setelah tahap ini KTP asli sudah bisa kita simpan. Jangan sampai tertinggal.

Berkas sampai saat ini:

  • Map biru, fotokopi KTP, surat keterangan kesehatan,
  • SIM A dan C asli,
  • formulir pendaftaran SIM A dan SIM C, formulir hasil ujian,
  • resi bukti pembayaran lembar 2,
  • nomor antri foto.

Foto!

Nomor antrian untuk perpanjangan SIM dimulai dengan huruf A. Saat dipanggil pergilah ke Loket 4A. Serahkan berkas dan petugas akan melakukan verifikasi nama, tanggal lahir, alamat, dan pekerjaan. Pastikan bahwa data yang terdaftar di sistem sudah benar.

Berikutnya kita akan diminta sampel tanda tangan, sidik ibu jari kanan, dan foto. Sekadar info, latar belakang yang digunakan saat aku foto di sana adalah warna biru, dan tidak tersedia cermin. Jadi monggo pilih baju yang matching dan perbaiki riasan dulu sebelum dipanggil untuk foto.

Sampai sejauh ini, berkas sudah sepenuhnya di tangan pihak Polres dan SIM akan dicetak.

Pencetakan dan pengambilan SIM

Setelah SIM selesai dicetak, petugas akan memanggil nama kita dari Loket 5. Ambil SIM, isi buku daftar hadir, lalu selesai dan boleh pulang!