A Jar of Minds

Tutorials, and other (non) techie stuff

Perjalanan Mencari Urban Oasis

Beberapa waktu telah berlalu sejak aku meluncurkan blog terbaru mengenai Urban Oasis. Ini merupakan salah satu target yang aku buat untuk tahun 2015, yaitu mencari dan mengumpulkan informasi tempat-tempat bersantai dengan nuansa alam di tengah-tengah kota.

Ya, menemukan nuansa alam di tengah kota, khususnya Jakarta, memang sebuah petualangan tersendiri. Coba tebak, di mana kita bisa menemukan hutan di tengah-tengah kota Jakarta? Jawabannya, di Srengseng! Selain itu masih ada lagi beberapa hutan kota di Jakarta. Namun sepertinya memang belum banyak yang tahu lokasi-lokasi tersebut.

Pernahkah kamu membayangkan ada hutan dan danau di tengah kota Jakarta?

Pernahkah kamu membayangkan ada hutan dan danau di tengah kota Jakarta?

Sampai sejauh ini sudah ada dua lokasi yang sempat aku kunjungi: taman kota Waduk Pluit, dan hutan kota Srengseng. Sesungguhnya di Jakarta sendiri rasanya masih banyak tempat-tempat yang asri, hanya saja tidak banyak dibicarakan orang. Jadi, daripada terus menerus bicara soal macet di Jakarta, politik di Jakarta, sampah di Jakarta, kejahatan di Jakarta, dan hal-hal lain yang bikin mumet, mengapa tidak kita mengubah citra kota Jakarta menjadi kota yang nyaman dengan mengangkat topik-topik yang sejuk seperti taman kota dan hutan-hutan di Jakarta? Jika ramai dibicarakan, siapa tahu ini akan mendorong pihak-pihak lain untuk turut membangun tempat-tempat asri yang baru, sehingga Jakarta menjadi semakin nyaman!

Bersantai sejenak di tengah keasrian alam memang sangat perlu untuk mengurangi tingkat stress hidup di Jakarta. Karena itu, mari kita berbagi informasi tempat-tempat sejuk nan alami yang ada!