A Jar of Minds

Tutorials, and other (non) techie stuff

Air Conditioner $5

June 5, 2009 • Bahasa Indonesia, Crafts


Sekotak AC mini imut dan lucu buatan sendiri ini cocok untuk dipakai di tempat yang panas. Walaupun tidak seluruh ruangan jadi dingin, setidaknya cukup untuk mendinginkan titik tempat kamu berada. Lumayan untuk digunakan saat cuaca panas. Cara membuatnya juga mudah dan murah. Biaya untuk bahan-bahannya pun tidak lebih dari Rp 50.000

Berikut ini bahan-bahannya:

  • Kotak makanan dengan tutup / Sealware (Rp 23.000) atau kotak bekas es krim 2Lt atau yang lebih besar. Aku pakai sealware Lion Star ukuran 3.2Lt warna pink, imut kan.. =P
  • Fan Komputer 8cm 12V 0.25A (Rp 9.000) bisa dibeli di toko komponen komputer, toko elektronik, atau cabut dari CPU bekas atau power supply bekas
  • Batu Baterai 9V (Rp 6.500) atau sumber listrik lain dengan tegangan 5-12V
  • Jack Baterai 9V (Rp 5.000) bisa dibeli di toko elektronik, kalau di Bandung bisa cari di Cikapundung
  • Perekat / Lem / Double Tape (Rp 2.000) gunakan power glue agar merekat dengan kuat, atau bisa juga dengan skrup panjang
  • Sekantong Es Batu (Rp 500) bisa dibeli di warung terdekat atau buat sendiri di freezer
  • Garam Dapur


Alat-alat yang diperlukan:

  • Cutter atau alat pemotong yang cukup kuat
  • Palu untuk membelah es batu
  • Spidol permanen

Cara membuat:

  1. Ambil tutup kotak, buat 2 buah lubang. Lubang pertama untuk tempat fan meniupkan udara dari luar ke dalam, buat seukuran fan. Lubang kedua untuk tempat udara keluar dari dalam kotak.
  2. Pasang fan pada tutup yang telah dilubangi tadi dengan perekat dengan arah meniup ke dalam. Tips: sayat-sayatlah permukaan tutup yang akan direkat, sehingga permukaan menjadi tidak terlalu licin agar perekat bisa menempel dengan kuat.
    Bila ada, gunakanlah skrup untuk memasang fan ke tutup.
  3. Sambungkan ujung kabel dari fan ke kabel jack baterai. Kabel positif (merah) dengan kabel positif, negatif (hitam) dengan negatif.
  4. Isi kotak dengan es batu. Tambahkan garam untuk menurunkan titik bekunya. Es mungkin akan lebih cepat mencair, tapi suhu udara di dalam kotak juga akan turun. Tutup kotak rapat-rapat.
    Sebagai tambahan untuk menjaga suhu dingin di dalam kotak agar tidak keluar, bagian dinding kotak bisa dilapisi dengan styrofoam, sehingga es tidak cepat mencair.
  5. Sambungkan fan dengan sumber listrik untuk menyalakan. Kini kamu telah memiliki kotak AC mini! Udara dari luar akan diserap oleh kotak ini melalui fan ke dalam es, yang kemudian akan terhembus lagi keluar sebagai udara dingin. Simpan kotak ini di dekatmu untuk mendinginkan udara sekitar.

Kalau dihitung, total biaya yang dikeluarkan Jar2 untuk bahan-bahannya adalah Rp 46.000 saja! Murah meriah bukan?
Hasil percobaan es di dalam kotak bisa bertahan selama 6 jam hingga seluruhnya mencair.